Pulau Nias - Sumatera Utara

Nias dalam bahasa Nias dinamakan Tano Niha adalah sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Sumatera, dengan jarak sekitar 125 km dari Pulau Sumatera. Pulau ini dihuni oleh mayoritas suku Nias (Ono Niha) yang masih memiliki budaya megalitik.

Kota utama di Pulau Nias adalah Gunung Sitoli dengan bandar udaranya bernama Bandara Binaka. Untuk mencapai Pulau Nias, dibutuhkan sekitar 55 menit penerbangan dari Bandara Kualanamu, Medan.

Alternatif lain adalah menggunakan bus selama satu malam dari Medan menuju Sibolga, kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kapal feri selama satu malam juga.

Pulau Nias dengan luas 5.318 km2 ini merupakan desinasi wisata penting untuk kegiatan selancar ("surfing"), Lompat Batu (Fahombo), Pantai Langurdi, Pantai Sorake, rumah tradisional, penyelaman ("diving"), dan wisata bahari lainnya.

Ketika beradi di Pulau Nias, wisatawan akan sering mendengar satu salam dalam bahasa Nias, "Ya'ahowu", yang secara harfiah berarti "semoga diberkati". Ada juga yang menyamakan "Ya'ahowu" dengan salam "Aloha" dalam bahasa Hawaii, yang artinya "cinta, belas kasih, perdamaian, cinta kasih, dan kemurahan hati".

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013-2019 Destinasi Wisata Nusantara - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger