Pulau Mursala, Tapanuli Tengah - Sumatera Utara

Pulau Mursala adalah pulau terbesar di wilayah Kabupaten Tapanuli Tengah. Pulau ini termasuk dalam wilayah Kecamatan Barus, Tapanuli Tengah dan terletak di sebelah Barat Daya Kota Sibolga dan berjarak 22,5 km dari Pandan, Tapanuli Tengah. Pulau Mursala mempunyai luas sekitar 8.000 Ha dan dapat ditempuh melalui Pandan atau Sibolga menggunakan kapal cepat dalam waktu sekitar 1 jam atau menggunakan kapal biasa selama 3 jam.

Pulau Mursala dikenal juga dengan nama Pulau Mansalaar. Pulau Mursala merupakan destinasi wisata alam pulau yang eksotis. Teluk Labuan Hunik di Pulau Mursala merupakan tempat yang sangat cocok untuk kegiatan penyelaman dan "snorkling". Sementara Pulau Jambe memiliki perairan dangkal dengan terumbu karang dan aneka jenis ikan termasuk ikan hias.

Destinasi wisata alam lain yang menjadi daya tarik utama Pulau Mursala ini di antaranya adalah :

Air Terjun Mursala yang merupakan air terjun di Indonesia yang terjunan airnya langsung jatuh ke laut. Ketinggian air terjun ini dari permukaan laut sekitar 35 m. Airnya mengalir pada batuan granit berwarna kemerah-merahan di tebing pulau dan langsung jatuh tercurah dalam volume yang besar ke permukaan Samudera Hindia dengan bunyi bergemuruh. Volume air terjun akan lebih besar lagi pada saat musim hujan. Air terjun di Pulau Mursala berada pada bagian pulau yang menghadap langsung ke Samudera Hindia.

Batu Garuda atau batu yang menjorok berbentuk burung pada ketinggian sekitar 70 m di atas permukaan laut di pantai curam Pulau Silabu Na Menek.

Bonsai Pinang Merah alam diatas bebatuab curam sekitar Pulau Silabu Na Menek.

Gugusan komposisi batu curam di sekitar Pulau Silabu-labu Na Godang.

Laguna dengan hamparan pantai pasir putih yang menyatu antara Pulau Silabu-labu Na Godang dengan Pulau Kalimantung Na Menek.

Hamparan pantai pasir putih di Pulau Puti (Pulau Putih) dengan perairan dangkal dan keanekaragaman biota bawah laut yang mengagumkan, yang kesemuanya ini sangat berdekatan dengan Pulau Mursala.

Film "King Kong" pernah mengambil lokasi syuting filmnya di Pulau Mursala ini tahun 1933.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013-2019 Destinasi Wisata Nusantara - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger