Berastagi - Sumatera Utara

Berastagi atau Brastagi, secara harfiah berarti "gudang beras", adalah nama kota sekaligus kecamatan di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Orang Tionghoa menyebut Berastagi dalam dialek Hokkian dengan nama "Batak Shua" yang artinya "Gunung Batak".

Berastagi terletak di persimpangan jalan di jalur utama yang menghubungkan dataran tinggi Karo ke kota pesisir, ibu kota Medan.

Perkampungannya berkembang pesat ketika pemukim Belanda di Sumatera membuka sekolah berasrama di sana pada tahun 1920.

Aktivitas ekonomi utama di Berastagi bertumpu pada pasar beraneka buah-buahan segar, sayuran, bunga segar dan pariwisata. Berastagi terkenal dengan buah markisanya. Atraksi utama wisata alam Berastagi adalah dua gunung berapi aktif, Gunung Sibayak, dengan sumber mata air panasnya, dan Gunung Sinabung.

Kota Berastagi juga merupakan titik persinggahan dalam perjalanan menuju Danau Toba. Kelompok etnis dan bahasa yang dominan adalah Batak Karo. Rumah-rumah tradisional bergaya khas Karo dapat dengan mudah dapat ditemukan di kota Berastagi ini.

Berastagi berjarak 11 km dari ibu kota kabupaten, Kabanjahe dan sekitar 66 km dari ibu kota provinsi, Medan. Perjalanan dari Medan menuju Berastagi akan memakan waktu sekitar 2 jam karena akan melalui jalan pegunungan yang mendaki dan berkelok-kelok.

Berastagi menyimpan berbagai pesona destinasi-destinasi wisata nusantara, mulai dari destinasi wisata alam, wisata desa, wisata religi, dan wisata budaya. Destinasi-destinasi wisata yang bisa dikunjungi di Berastagi antara lain bukit Gundaling, Pasar Buah Brastagi, Desa Peceren, Danau Lau Kawar, terletak di kaki gunung Sinabung, Taman Alam Lumbini, Air Terjun Sikulikap, Museum Pusaka Karo, Gereja Inkulturatif Karo Santo Fransiskus Asisi dan Rumah Gugung (Rumah Adat Karo).

Taman Alam Lumbini merupakan destinasi wisata religi yang bernuansa Buddhis. Sementara keberadaan Gereja Inkulturatif Karo Santo Fransiskus Asisi bisa dijadikan destinatsi wisata religi Katolik di Berastagi. Museum Pusako Karo dan Rumah Gugung yang merupakan rumah adat Karo dapat menjadi destinasi wisata budaya Batak Karo.

Hotel berbintang 4 yang terkenal di kota Berastagi antara lain Hotel Sibayak Internasional, yang merupakan resor berbintang 4 pertama di Sumatera Utara, Sinabung Hills Berastagi, Mikie Holiday Resort dan Grand Mutiara Hotel.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013-2019 Destinasi Wisata Nusantara - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger