Danau Singkarak, Solok-Tanah Datar, Sumatera Barat

Danau Singkarak merupakan salah satu dari 3 danau yang terletak di Provinsi Sumatera Barat selain Danau Maninjau dan Danau Diatas Danau Dibawah. Danau ini terbentang di dua daerah kabupaten di Provinsi Sumatera Barat, yakni Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Danau Singkarak dengan luas 107,8 km2 merupakan danau terluas ke-2 di Pulau Sumatera setelah Danau Toba. Danau ini merupakan bagian hulu Batang Ombilin. Namun sebagian air danau ini dialirkan melalui terowongan menembus Bukit Barisan ke Batang Anai untuk menggerakkan generator PLTA Singkarak di dekat Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman.

Jarak tempuh Danau Singkarak dari kota Padang melalui rute Padang-Solok-Singkarak sekitar 75 km, dan jika melalui rute Padang-Padang Panjang-Kubu Karambie-Ombilin sekitar 100 km. Sementara jika dimulai dari Bukittinggi melalui rute Bukittinggi-Padang Panjang-Ombilin, Danau Singkarak berada pada jarak sekitar 48 km.

Tempat persinggahan untuk menikmati keindahan destinasi wisata alam Danau Singkarak ini di antaranya Singkarak (nama nagari di Kabupaten Solok) terletak 15 km dari Kota Solok, Ombilin (nama daerah di Kabupaten Tanah Datar) sekitar 30 km dari Kota Solok, Batu Taba (nama daerah di Kabupaten Tanah Datar), berjarak sekitar 20 km dari Kota Padang Panjang, dan Sumpur-Malalo(nama daerah di Kabupaten Tanah datar) dengan jarak sekitar 30 km dari Kota Padang Panjang.

Untuk mempromosikan dan meningkatkan kunjungan wisatawan ke Danau Singkarak dan berbagai destinasi wisata lainnya di Provinsi Sumatera Barat, maka pemerintah melalui Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata Indonesia telah menyelenggarakan kejuaraan balap sepeda "Tour de Singkarak" untuk pertama kalinya pada tahun 2009.

Karena penyelenggaraany yang dianggap sukses, ajang balap sepeda ini telah menjadi sebagai salah satu kejuaraan balap sepeda resmi Persatuan Balap Sepeda Internasional di kelas 2.2 Asia Tour. Selain Danau Singkarak, beberapa kawasan wisata lain juga menjadi bagian dari jalur lintasan, di antaranya termasuk Lembah Harau, Danau Maninjau, Kelok 44, dan Danau Diatas Danau Dibawah.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013-2019 Destinasi Wisata Nusantara - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger