Kompleks Istana Siak Sri Indrapura, Siak - Riau

Istana Siak Sri Inderapura merupakan salah satu destinasi wisata religi dan budaya yang terletak di kota Siak Sri Indrapura, ibu kota Kabupaten Siak, Provinsi Riau. Istana Siak merupakan kediaman resmi Sultan Siak yang mulai dibangun pada tahun 1889, yaitu pada masa pemerintahan Sultan Syarif Hasyim. Istana ini merupakan peninggalan Kesultanan Siak Sri Indrapura yang selesai dibangun pada tahun 1893.

Kompleks istana ini memiliki luas sekitar 32.000 meter persegi yang terdiri dari 4 istana yaitu Istana Siak, Istana Lima, Istana Padjang, dan Istana Baroe. Istana Siak sendiri memiliki luas 1.000 meter persegi.

Istana Siak memiliki arsitektur bercorak Melayu, Arab, dan Eropa. Bangunannya terdiri dari dua lantai. Karena uniknya arsitektur bangunannya, Istana Siak medapat julukan Istana Matahari Timur.

Dari ibu kota Provinsi Riau, Pekanbaru, kota Siak bisa dicapai melalui jalur darat dan sungai melintasi Sungai Siak. Untuk jalur darat, jarak kota Siak Sri Indrapura dari Pekanbaru yang kurang lebih 135 km dapat ditempuh sekitar dua jam perjalanan. Sementara jika melalui jalur sungai, waktu yang dibutuhkan juga sekitar dua jam perjalanan dengan menggunakan speed boat.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013-2019 Destinasi Wisata Nusantara - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger