Air Terjun Lembah Anai, Tanah Datar - Sumatera Barat

Air Terjun Lembah Anai terletak di Lembah Anai, yang masuk dalam Nagari Singgalang, Kecamatan Sepuluh Koto (X Koto), Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Air Terjun Lembah Anai terletak di tepi jalan raya yang menghubungkan kota Padang dan kota Bukittinggi, sehingga bisa dengan mudah diakses dari kota Padang maupun Bukittinggi.

Dari kota Padang, untuk mencapai air terjun ini dapat melalui perjalanan darat selama +/- 2 jam menggunakan angkutan umum atau kereta api wisata, sementara dari kota Bukittinggi dibutuhkan waktu +/- 1 jam.

Air Terjun Lembah Anai ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter, yang sumber airnya berasal dari aliran Sungai Batang Lurah Dalam dari Gunung Singgalang yang menuju daerah Patahan Anai. Air terjun ini berada di bagian barat kawasan konservasi Cagar Alam Lembah Anai. Air Terjun Lembah Anai ini merupakan salah satu ikon wisata alam yang wajib dikunjungi jika sedang melakukan perjalanan wisata ke Provinsi Sumatera Barat.

Airnya yang sangat jernih mengalir menyusuri perbukitan menuju lereng, lalu mengalir terus melewati Cagar Alam Lembah Anai sebelum akhirnya sampai di tepi tebing. Dari tebing yang curam ini, aliran air kemudian terjun ke dasar lembah dan membentuk telaga tempat air berkumpul. Percikan air terjun yang jatuh di telaga menimbulkan kabut air yang tampak indah berwarna-warni ketika terkena sinar matahari.

Sebelum sampai di lokasi air terjun, perjalanan dari kota Padang maupun Bukittinggi akan melewati jalan yang berkelok-kelok dengan pemandangan yang indah. Di sebelah kanan dan kiri jalan, tampak lembah dan bukit yang menghijau ditumbuhi aneka pohon.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013-2019 Destinasi Wisata Nusantara - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger