Kota Sibolga - Sumatera Utara

Kota Sibolga adalah salah satu kota di provinsi Sumatera Utara yang berada di wilayah Tapanuli Tengah. Kota ini terletak di pantai barat pulau Sumatera, membujur sepanjang pantai dari utara ke selatan dan berada pada kawasan teluk yang bernama Teluk Tapian Nauli. Kota ini hanya memiliki luas sekitar 10,77 km2 dan berpenduduk sekitar 84.481 jiwa.

Kota Sibolga berjarak sekitar 350 km dari kota Medan, yang bisa dicapai melalui jalur darat dengan berkendaraan selama satu malam (sekitar 8-10 jam). Sementara jika melalui jalur udara, lamanya penerbangan dari Medan menuju Sibolga kurang lebih sekitar 1 jam.

Bandara di Sibolga bernama Bandar Udara Dr. Ferdinand Lumban Tobing (d/h Bandara Pinangsori) yang merupakan bandar udara dosmetik yang terletak di Kecamatan Pinangsori, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Bandar udara ini memiliki ukuran landasan pacu 2.250 x 30 m. Jarak bandara ini dari kota Sibolga sekitar 40 km.

Kota Sibolga cukup terkenal dengan destinasi wisata alam baharinya, terutama Pantai Pandan dan Pulau Poncan Gadang.

Foto : Wikipedia

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013-2019 Destinasi Wisata Nusantara - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger