Kota Medan - Sumatera Utara

Kota Medan adalah ibu kota provinsi Sumatera Utara. Kota Medan merupakan kota terbesar di Pulau Sumatera dan terbesar ke-4 seluruh Indonesia setelah kota Jakarta, Surabaya dan Bandung.

Kota Medan merupakan pusat bisnis, jasa, dan pendidikan terbesar di Sumatera dan salah satu pintu gerbang utama wilayah Indonesia bagian barat .

Kota Medan juga menjadi pintu gerbang bagi para wisatawan nusantara dan mancanegara yang akan menuju destinasi wisata yang berada di Provinsi Sumatera Utara, seperti Berastagi, Dataran Tinggi Karo, Danau Toba, Pulau Samosir, Parapat, Sibolangit, Sibolga, Nias, dan lainnya.

Kota Medan adalah kota yang multietnis, dengan suku Jawa, Batak dan Tionghoa sebagai tiga suku dengan populasi yang cukup besar di kota Medan. Keanekaragaman etnis di Medan terlihat dari jumlah masjid, gereja dan vihara dan kelenteng Tionghoa yang banyak tersebar di seluruh kota. Daerah di sekitar Jl. Zainul Arifin dikenal sebagai Kampung Keling, yang merupakan daerah pemukiman orang keturunan India dari suku Tamil.

Destinasi wisata yang bisa dikunjungi di kota Medan di antaranya destinasi wisata budaya dan sejarah meliputi bangunan-bangunan tua dengan arsitektur khas zaman kolonial Belanda seperti Gedung Balai Kota Lama di Jl.Balai Kota, Kantor Pos Medan di Jl.Medan Merdeka Square, Menara Air Tirtanadi (yang merupakan ikon dan landmark kota Medan) di persimpangan Jl. Sisingamangaraja dan Jl. Pandu, Titi Gantung - sebuah jembatan di atas rel kereta api, dekat Stasiun Kereta Api Medan, dan juga Gedung London Sumatera di Jl. Ahmad Yani. Selain itu, masih ada beberapa bangunan bersejarah, antara lain Istana Maimun di Jl.Brigjen Katamso, Masjid Raya Medan di Jl. Sisingamangaraja, dan juga rumah peninggalan Tjong A Fie (Tjong A Fie Mansion) di Jl. Ahmad Yani, Kesawan.

Gedung Lonsum merupakan salah satu gedung tertua di Medan. Di dalam gedung ini terdapat lift antik dan langka yang dioperasikan sejak tahun 1908 dan dijalankan secara manual, yang diklaim sebagai hanya satu-satunya di Indonesia. Lift tersebut berbentuk bujur sangkar, berarsitektur kuno dengan sentuhan "art deco".

Daerah Kesawan kini telah menjelma menjadi sebuah pusat jajanan makan dan wisata kuliner "Kesawan Square" yang ramai pada malam harinya. Destinasi wisata lainnya adalah "Merdeka Walk", pusat jajanan yang dibuka 24 jam yang terletak di Lapangan Merdeka Medan dan tepat berada di seberang Balai Kota Medan.

Bika Ambon dan Bolu Gulung Meranti merupakan oleh-oleh khas yang paling banyak dicari oleh wisatawan jika berkunjung ke kota Medan.

Sun Plaza merupakan pusat perbelanjaan terbesar di kota Medan, dengan target pengunjung kalangan menengah ke atas, di kawasan komersial strategis kota Medan, Jl. Zainul Arifin.

Saat ini Pemerintah Kota Medan merencanakan Medan sebagai Kota Pusat Perbelanjaan dan Makanan. Diharapkan dengan adanya program ini bisa menambah arus kunjungan dan lama tinggal wisatawan ke kota ini.

Related Posts:

Disqus Comments
© 2013-2019 Destinasi Wisata Nusantara - Template Created by Goomsite - Published by FLYTemplate - Proudly powered by Blogger